Beranda » Kuliner » Gudeg Makanan Khas Jogjakarta

Gudeg Makanan Khas Jogjakarta

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas dari Yogyakarta, Indonesia. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam bumbu rempah-rempah khas Jawa, seperti kelapa, gula jawa, dan daun salam. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan krecek.

Sejarah

Sejarah Gudeg berasal dari zaman kerajaan Mataram pada abad ke-8. Pada zaman tersebut, masyarakat Jawa memiliki kebiasaan untuk memasak nangka muda dengan bumbu rempah-rempah untuk dijadikan lauk. Hal ini kemudian berkembang menjadi gudeg yang dikenal saat ini.

Bahan-bahan

Bahan utama dalam pembuatan gudeg adalah nangka muda yang masih belum matang. Nangka muda yang digunakan harus dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan dan direbus dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa seperti kelapa, daun salam, lengkuas, dan gula jawa. Untuk menambah cita rasa, biasanya ditambahkan juga santan kelapa.

Cara membuat

Untuk membuat gudeg, pertama-tama nangka muda yang masih belum matang dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan dan dicuci bersih. Kemudian, bumbu rempah-rempah khas Jawa seperti kelapa, daun salam, lengkuas, dan gula jawa dicampurkan dan dimasak hingga matang. Setelah itu, nangka muda dimasukkan ke dalam bumbu tersebut dan dimasak hingga meresap. Biasanya, proses memasak gudeg memakan waktu cukup lama, yaitu antara 6-12 jam.

Penyajian

Gudeg disajikan dengan nasi putih, ayam, telur, dan krecek (kulit sapi yang digoreng). Gudeg dapat disajikan dalam berbagai variasi, seperti gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg manggar.

Tempat makan Gudeg

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas dari Yogyakarta yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat makan. Beberapa tempat makan gudeg yang terkenal di Yogyakarta antara lain Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Tjitro, dan Gudeg Pawon.

Kesimpulan

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas dari Yogyakarta yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Bahan utama gudeg adalah nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi putih, ayam, telur, dan krecek. Untuk para pecinta kuliner, mencoba Gudeg menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut paket wisata di ratu tour jogja 

  1. Paket candi borobudur prambanan
  2. Paket Prambanan dan sekitarnya
  3. Paket Heha ocean
  4. Paket Wisata Pantai Ngobaran
  5. Paket Lava Tour Merapi
  6. Paket Pantai gunung Kidul

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.